Teknologi Pembelajaran
Kajiannya teknologi
pembelajaran menjadi lebih
menarik ketika kita tahu
apa yang membedakan
antara teknologi pendidikan
dengan teknologi pembelajaran. Alangkah
baiknya jika kita
mengenal terlebih dahulu beberapa
definisi teknologi pembelajaran
yang dikemukakan beberapa ahli,
selain tentu saja yang dikeluarkan AECT.
The
Commission on Instructional
Technology mendefinisikan teknologi pembelajaran dalam
dua cara: yaitu 1) sebagai media yang
lahir dari hasil
revolusi komunikasi yang
dapat digunakan untuk pembelajaran misalnya
buku teks dan
papan tulis. 2)
sebagai cara perancangan yang
sistematik dalam menyampaikan, dan mengevaluasi proses belajar
mengajar secara total
dalam pola tujuan
pembelajaran khusus,
berdasarkan pada penelitian
belajar dan komunikasi
manusia, dan juga kombinasi antara sumber belajar manusia dan bukan
manusia yang akan membawa pada pembelajaran lebih efektif.
Teknologi pembelajaran
adalah “sebuah usaha
dengan atau tanpa mesin,
yang tersedia atau
yang dimanfaatkan, untuk memanipulasi lingkungan
individu sehingga diharapkan
dapat terjadi perubahan perilaku
atau hasil belajar
yang lain. (Knezevich
& Eye, dalam Anglin
2001)
David
Engler, orang yang belajar tentang teknologi pembelajaran, mengatakan bahwa
IT dibedakan ke
dalam dua bagian,
“pertama dan yang paling
umum, bahwa teknologi
pembelajaran diartikan sebagai sebuah perangkat
keras- seperti TV,
gambar bergerak, audiotape
dan disket, buku teks,
papan tulis, dll.
Kedua dan yang
lebih signifikan diartikan sebagai
proses yang dilakukan
dengan melakukan penelitian tentang ilmu behavioral dalam
masalah pembelajaran. Dari beberapa pengertian
yang dikemukakan tentang
teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, memiliki konsep yang
berbeda. Penulis definisi tahun 1977 menggambarkan bahwa terdapat hubungan
antara teknologi pembelajaran
dengan teknologi pendidikan,
yaitu pemahaman dan kerangka
kerja teori.
Teknologi pembelajaran merupakan bagian dari teknologi
pendidikan. Contoh dari
konsep teknologi pendidikan
adalah mencakup ke dalam pemecahan masalah di setiap aspek
yang berhubungan dengan masalah
belajar manusia. Sedangkan
konsep teknologi pembelajaran mencakup pada
pemecahan masalah dimana
belajar merupakan hal yang memiliki tujuan dan sifatnya
terkontrol. Perbedaan lain dari kedua istilah tersebut sedikitnya memiliki dua pengembangan konsep
yang kompleks yang
juga diambil dari
definisi tahun 1977, yaitu :
a) Definisi konsep
tahun 1977 tentang
teknologi pendidikan disebut sebagai proses,
yang digambarkan oleh
teknologi pendidikan sebagai
teori, atau bidang, atau profesi.
b) Konsep
sistem dimasukkan melalui pernyataan definisi awal di dalam keseluruhan konsep
pendukung utama yang
dijabarkan secara deskriptif dan
preskriptif.
Daftar
Pustaka :
Anglin, Gary
J. 1991. Instructional Technology. Past,
Present, and Future.
Miarso, Yusufhadi.
2005. Menyemai Benih
Teknologi Pendidikan.
Jakarta: Pustekkom. Seels, Barbara
B. Richey Rita
C. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field.
Association for Educational
Communication and Technology: Washington, DC.
Seri Pustaka
Teknologi Pendidikan. 1986. Definisi
Teknologi Pendidikan Satuan Tugas
Definisi dan Terminologi
AECT. Rajawali: Jakarta.