Jumat, 10 Maret 2017

TEKNOLOGI PEMBELAJARAN



Teknologi Pembelajaran

Kajiannya  teknologi  pembelajaran  menjadi  lebih  menarik  ketika kita  tahu  apa  yang  membedakan  antara  teknologi  pendidikan  dengan teknologi  pembelajaran.  Alangkah  baiknya  jika  kita  mengenal  terlebih dahulu  beberapa  definisi  teknologi  pembelajaran  yang  dikemukakan beberapa ahli, selain tentu saja yang dikeluarkan AECT.
The  Commission  on  Instructional  Technology  mendefinisikan teknologi pembelajaran dalam dua cara: yaitu  1) sebagai media yang lahir  dari  hasil  revolusi  komunikasi  yang  dapat  digunakan  untuk pembelajaran  misalnya  buku  teks  dan  papan  tulis.  2)  sebagai  cara perancangan yang sistematik dalam menyampaikan, dan mengevaluasi proses  belajar  mengajar  secara  total  dalam  pola  tujuan  pembelajaran khusus,  berdasarkan  pada  penelitian  belajar  dan  komunikasi  manusia, dan juga kombinasi antara sumber belajar manusia dan bukan manusia yang akan membawa pada pembelajaran lebih efektif.
Teknologi  pembelajaran  adalah  “sebuah  usaha  dengan  atau tanpa  mesin,  yang  tersedia  atau  yang  dimanfaatkan,  untuk memanipulasi  lingkungan  individu  sehingga  diharapkan  dapat  terjadi perubahan  perilaku  atau  hasil  belajar  yang  lain.  (Knezevich  &  Eye, dalam Anglin 2001) 
David Engler, orang yang belajar tentang teknologi pembelajaran, mengatakan  bahwa  IT  dibedakan  ke  dalam  dua  bagian,  “pertama  dan yang  paling  umum,  bahwa  teknologi  pembelajaran  diartikan  sebagai sebuah  perangkat  keras-  seperti  TV,  gambar  bergerak,  audiotape  dan disket,  buku  teks,  papan  tulis,  dll.  Kedua  dan  yang  lebih  signifikan diartikan  sebagai  proses  yang  dilakukan  dengan  melakukan  penelitian tentang ilmu behavioral dalam masalah pembelajaran. Dari  beberapa  pengertian  yang  dikemukakan  tentang  teknologi pendidikan dan teknologi pembelajaran, memiliki konsep yang berbeda. Penulis definisi tahun 1977 menggambarkan bahwa terdapat hubungan antara  teknologi  pembelajaran  dengan  teknologi  pendidikan,  yaitu pemahaman  dan  kerangka  kerja  teori. 
Teknologi  pembelajaran merupakan bagian dari teknologi pendidikan.  Contoh  dari  konsep  teknologi  pendidikan  adalah  mencakup  ke dalam pemecahan masalah di setiap aspek yang berhubungan dengan masalah  belajar  manusia.  Sedangkan  konsep  teknologi  pembelajaran mencakup  pada  pemecahan  masalah  dimana  belajar  merupakan  hal yang memiliki tujuan dan sifatnya terkontrol. Perbedaan lain dari kedua istilah tersebut sedikitnya memiliki dua pengembangan  konsep  yang  kompleks  yang  juga  diambil  dari  definisi tahun 1977, yaitu :
a)       Definisi  konsep  tahun  1977  tentang  teknologi  pendidikan  disebut sebagai  proses,  yang  digambarkan  oleh  teknologi  pendidikan sebagai teori, atau bidang, atau profesi.
b)       Konsep sistem dimasukkan melalui pernyataan definisi awal di dalam keseluruhan  konsep  pendukung  utama  yang  dijabarkan  secara deskriptif dan preskriptif.

Daftar Pustaka :
Anglin,  Gary  J.  1991.  Instructional  Technology.  Past,  Present,  and Future. 

Miarso,  Yusufhadi.  2005.  Menyemai  Benih  Teknologi  Pendidikan. Jakarta:  Pustekkom. Seels,  Barbara  B.  Richey  Rita  C.  1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Association  for  Educational  Communication  and  Technology: Washington, DC.

Seri  Pustaka  Teknologi  Pendidikan.  1986.  Definisi  Teknologi Pendidikan  Satuan  Tugas  Definisi  dan  Terminologi  AECT.  Rajawali: Jakarta.

EMPAT JENIS PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter dalam satuan pendidikan meliputi pembelajaran di kelas, kegiatan sehari-hari di sekolah (kultur sekolah), dan kegiatan...