Senin, 02 Mei 2016

METODE PEMBELAJARAN GUESSING CARD



METODE PEMBELAJARAN GUESSING CARD

Metode ini sebenarnya salah satu metode yang sangat saya sukai, karena metode ini sangat menarik sekali dan sangat mudah dilakukan. Metode pembelajaran guessing card adalah metode pembelajaran dengan menggunakan bantuan kartu kata  yang berisi clue atau petunjuk-petunjuk.

Sebelum melakukan metode pembelajaran ini, siapkan dulu 2 kartu, saya istilahkan kartu 1 dan kartu 2 yaa, biar mudah mengingatnya.
KARTU 1 :
kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
KARTU 2 :
kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.

Langkah-langkah pembelajaran menggunakan metode guessing card :
1)          Guru menjelaskan materi pelajaran
2)          Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
3)     Seorang siswa diberi kartu 1 yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu 2 yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
4)     Sementara siswa membawa kartu 1 membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 1. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5)         Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya. 
Semoga bermanfaat..

EMPAT JENIS PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter dalam satuan pendidikan meliputi pembelajaran di kelas, kegiatan sehari-hari di sekolah (kultur sekolah), dan kegiatan...