METODE PEMBELAJARAN GUESSING CARD
Metode ini
sebenarnya salah satu metode yang sangat saya sukai, karena metode ini sangat
menarik sekali dan sangat mudah dilakukan. Metode pembelajaran guessing card adalah metode pembelajaran
dengan menggunakan bantuan kartu kata yang
berisi clue atau petunjuk-petunjuk.
Sebelum
melakukan metode pembelajaran ini, siapkan dulu 2 kartu, saya istilahkan kartu
1 dan kartu 2 yaa, biar mudah mengingatnya.
KARTU 1 :
kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri
atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang
ingin ditebak.
KARTU 2 :
kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata
atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi
ataudiselipkan ditelinga.
Langkah-langkah pembelajaran menggunakan
metode guessing card :
1)
Guru menjelaskan
materi pelajaran
2)
Suruhlah
siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
3) Seorang
siswa diberi kartu 1 yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada
pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu 2 yang berukuran 5×2 cm
yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau
diselipkan ditelinga.
4) Sementara
siswa membawa kartu 1 membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara
pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 1. Jawaban tepat bila sesuai
dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5) Apabila
jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk.
Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan
kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
Semoga bermanfaat..