Skip to main content

TES DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN



TES DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN

Tes  adalah  suatu  teknik  atau  cara  dalam  rangka  melaksanakan  kegiatan evaluasi, yang didalamnya terdapat berbagai item atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan  atau  dijawab  oleh  anak  didik,  kemudian  pekerjaan  dan  jawaban  itu menghasilkan nilai tentang perilaku anak didik tersebut. 
Berdasarkan jumlah peserta, tes hasil belajar dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu tes kelompok dan tes perorangan. Dilihat dari sudut penyusunannya, tes hasil belajar dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu tes buatan guru (Teacher-Made Test) dan tes yang distandardisasi (Standardized Test).
 Tujuan tes standar adalah :
1)     Untuk  mengukur  kedudukan  belajar  murid  dibandingkan  dengan  teman-teman sekelasnya,  setingkat  sekolah,  atau  setingkat  dari  beberapa  sekolah.  Tes  ini dilakukan pada tingkat tertentu dan waktu tertentu saja.
2)         Untuk mengukur kemajuan yang dicapai dalam mata pelajaran tertentu. Jika telah selesai membahas satu atau beberapa pokok bahasan dari mata pelajaran tertentu, guru bisa memberikan ulangan harian atau ulangan umum pada setiap semester. Adakalanya  tes  itu  diberikan  beberapa  kali,  sehingga  kemajuan  dan  atau kemunduran  prestasi  belajar  (achievement)  umum  dilakukan  oleh  setiap guru/instruktur  dalam  kegiatan  pembelajaran,  baik  untuk  laporan  kemajuan belajar murid maupun untuk keperluan seleksi. 
3)        Untuk  mengetahui  kelebihan  dan  kelemahan  peserta  didik  dalam  menguasai materi  pelajaran  tertentu  secara  luas.  Tes  ini  berisi  materi-materi  yang  disusun dari yang termudah sampai yang tersukar serta terdiri atas cakupan yang luas.
Ada beberapa perbedaan antara tes standar dengan tes buatan guru yaitu : 


Sumber:
Makalah Drs. Zainal Arifin, M.Pd yang berjudul Evaluasi Pembelajaran (teori dan Praktik.) UPI.

Popular posts from this blog

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA BERBASIS WEB

Kelebihan Pembelajaran Berbasis Web 1. Memungkinkan setiap orang dimanapun, kapanpun, untuk mempelajari apapun. 2. Pembelajar dapat belajar sesuai dengan karakteristik dan langkahnya dirinya sendiri karena pembelajaran berbasis web membuat pembelajaran menjadi bersifat individual. 3. Kemampuan untuk membuat tautan ( link ), sehingga pebelajar dapat mengakses informasi dari berbagai sumber, baik di dalam maupun luar lingkungan belajar. 4. Sangat potensial sebagai sumber belajar bagi pebelajar yang tidak memiliki cukup waktu untuk belajar. 5. Dapat mendorong pembelajar lebih aktif dan mandiri di dalam belajar. 6. Menyediakan sumber belajar tambahan yang dapat digunakan untuk memperkaya materi pemeblajaran.  7. Isi materi pelajaran dapat di- update dengan mudah. Kekurangan Pembelajaran Berbas

HUKUM MEMBUAT TATO DAN TAHI LALAT PALSU

Membuat Tato dan Tahi Lalat Palsu Tato dan tahi lalat palsu Bertato maksudnya mencacah punggung telapak tangan atau bagian badan lainnya dengan menusukkan jarum padanya hingga hingga ke luar darah, lalu dibubuhi celak atau bahan lainnya hingga tampak kehijau-hijauan. Hukumnya haram, baik atas yang mentato maupun yang mau saja ditato, apalagi yang memenitanya. Bahkan menurut Asy-Syafi’i, tempat yang ditato itu menjadi najis. Jadi kalau mungkin, wajib dihilangkan. Kalau tidak dapat kecuali dengan cara yang dilukai, itupun masih tetap wajib dihilangkan dengan segera, apabila tidak menimbulkan kesulitan, bahaya ataupun kebinasaan. Tapi kalau dikhwatirkan bakal menimbulkan kerusakan, hilangnya salah satu anggota tubuh ataupun luka berat, maka tak wajib menghilangkannya. Serta larangan dari hadist yang bersumber dari Abdullah bin Umar ra;katanya: “Sesungguhnya Rasulullah SAW mengutuk wanita yang memakaikan dan dipakaikan rambut rambut palsu dan wanita yang mentato dan yang

THE CHARACTERISTICS OF LANGUAGE

THE CHARACTERISTICS OF LANGUAGE Hari ini, ane mau ngebahas tentang karakteristik bahas. menurut Raja T. Nasr, di dalam bukunya yang berjudul The essential of Linguistic science, characteristic of  language terdiri dari : 1)             Language is a Sound 2)             Language is Systematic 3)             Language is a System of System 4)             Language is Meaningful 5)             Language is Arbitrary 6)             Language is Conventional 7)             Language is a System of Contrast 8)             Language is Creative 9)             Languages are Unique 10)         Languages are Similar Untuk lebih lanjutnya, berikut keterangannya : 1. Language is a sound Maksudnya gini, dalam seni penyampaian bahasa itu, terdiri dari dua macam cara penyampaian gan, yaitu speaking dan written. Tentu saja dua cara ini sangatlah berbeda, dan yang dimaksud language as a sound di sini adalah speaking, atau bisa juga disebut bsebagai oral language. Speaki