Friday 13 May 2016

PENYEBAB MENURUNNYA KINERJA OTAK



KINERJA OTAK MENURUN? PENYEBABNYA?

Pernah gakk kalian mengalami tiba-tiba merasa susah dalam mengingat sesuatu? Saya yakin tentu pernah, saya mengalaminya misalnya sudah berapa kali yaa saya makan..(*plakkk)
Hal seperti ini sebernarnya akibat dari menurunnya kinerja otak kita yang disebabkan oleh sesuatu hal. Yuuk kita bahas apa-apa saja yang bisa menurunkan kinerja otak kita :

Tidak sarapan pagi
Seringkali kita disibukkan dengan sekolah, kuliah ataupun pekerjaan,  sehingga tidak jarang membuat kita lupa dan melewatkan sarapan. Padahal untuk bisa menjalankan kegiatan setiap harinya, diperlukan tenaga fisik dan otak yang seimbang. Kebutuhan nutrisi bagi otak harus dipenuhi dengan seimbang, karena ketika tubuh kekurangan gizi, maka kinerja otak akan menurun dan mempengaruhi kinerja otak untuk bekerja maksimal, bahkan hal ini juga bisa menurunkankan tingkat gula darah dalam tubuh. Sarapan pagi sangat penting bagi kita. Karena,dengan kita sarapan di pagi hari membuat tubuh kita lebih fit untuk menghadapi tantangan pada hari itu. Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Sarapan pagi juga bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam menghadapi masalah. Kebanyakan anak sekolah lebih sering sarapan di sekolah sewaktu keluar main. Hal ini biasanya menyebabkan anak kurang konsentrasi.Hasilnya apa yang dipelajari hanya sedikit yang bisa masuk ke dalam otak.

Dehidrasi 
Air merupakan komponen penting dalam tubuh kita. Dehidrasi atau kekurangan cairan tidak hanya bisa membuat tubuh lemas, tetapi juga bisa mempengaruhi kinerja otak kita. Kondisi ini dikarenakan pada saat tidak ada air yang masuk ke dalam tubuh, maka akibatnya tubuh akan meminjam air dari otak, sehingga dampaknya otak pun menjadi kesulitan untuk berpikir.

Kurang tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Minimal seseorang sekitar 6-8 jam. Maka jika kamu tidur kurang dari waktu yang ditentukan ada kemungkinan tubuh kamu akan mengalami gangguan.

Kebiasaan merokok
Sebagian orang beranggapan bahwa dengan merokok akan dapat membantu otak memunculkan ide-ide segar. Akan tetapi sebenarnya, selain memicu penyakit seperti kangker paru-paru, impotensi serta penyakit berbahaya lainnya, menghisap rokok juga ternyata bisa memberi dampak buruk bagi otak kita. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan Mcgill University yang menyebutkan bahwa merokok menyebabkan penipisan korteks dari waktu ke waktu, bahkan dalam jangka panjang bisa menurunkan kemampuan memori otak.

Jarang berpikir
Otot memang membutuhkan latihan agar tetap kencang, tetapi otak pun juga demikian. Organ tubuh untuk berpikir ini berkembang sesuai dengan penggunaannya. Ketika seseorang menjalani hidup lamban dan membosankan, maka akibatnya otak jarang berpikir sehingga daya ingat menurun. Guna menghindari hal ini dan membuat otak tetap berkembang, biasakanlah otak untuk selalu berpikir seperti dengan membaca buku, menulis artikel, ataupun dengan kegiatan ringan seperti mengisi teka-teki silang, bermain game yang dapat mengasah otak dan sebagainya.

Makan terlalu banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. Makanan seperti Fast food juga sangat bahaya bagi tubuh

Tidur dengan menutup kepala
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak. Tidur dalam kondisi gelap dapat membuat tubuh kita lebih fresh di esok harinya. Karena mata kita saat tidur tidak menyerap cahaya,berbeda dengan kita tidur dengan lampu yang terang. Mata akan terus bekerja untuk menyerap cahaya.

EMPAT JENIS PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter dalam satuan pendidikan meliputi pembelajaran di kelas, kegiatan sehari-hari di sekolah (kultur sekolah), dan kegiatan...