IMPLEMENTASI MEDIA KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Komputer adalah
hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang
pekerjaan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan,
komputer sebagai hasil teknologi modern sangat membuka kemungkinan-kemungkinan
yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran,
komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide
yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer
dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar
secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan karena
komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar,
gerak, dan video serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses
interaktif.
Pada umumnya dalam
bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk
menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang
berbasis mikroprosesor, di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan
dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan. Dalam pembelajaran berbantuan
komputer, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan
komputer. Interaksi antara komputer dan peserta didik ini terjadi secara
individual, sehingga apa yang dialami oleh peserta didik akan berbeda dengan
apa yang dialami oleh seorang peserta yang lainnya.
Meskipun penggunaan
komputer dapat meningkat hasil belajar siswa, akan tetapi komputer tidak dapat
mengganti peran guru secara keseluruhan dalam pembelajaran. Komputer tidak lain
hanyalah alat bantu pembelajaran. Pembelajaran dengan komputer dan guru lebih
efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru saja atau
dengan komputer saja.
Perangkat pembelajaran berbasis komputer
Perangkat
yang dibutuhkan dalam membuat pembelajaran berbasis komputer adalah sebagai
berikut:
a) Perangkat keras (Hardware)
Berbagai perangkat keras yang terdapat dalam komponen komputer seperti
monitor CPU, CD-RW dan lain-lain. Jika Dalam sistem nya menggunakan hosting
atau server bisa menggunakan LAN (local area network) dan WLAN (wireless
local area network)
b) Perangkat lunak (Software)
Terdiri dari program-program pendukung dalam pembelajaran seperti:
microsoft office, pengolahan grafis, correl draw, adobe phothoshop, adobe ilustrator dll.
microsoft office, pengolahan grafis, correl draw, adobe phothoshop, adobe ilustrator dll.
c) Brainware
Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat program pengajaran berbantuan
komputer disebut authoring software (perangkat lunak authoring).
Berbagai bahasa pemrograman yang dipakai dalam pembuatan pembelajaran bebasis
komputer adalah tinggi seperti basic,
pascal, fortran dan lain sebagainya.
Implementasi pemakaian media komputer
dalam pembelajaran.
Berbagai
bentuk penerapan media komputer dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
|
Presentasi
|
Kelebihan
penggunaan perangkat lunak seperti Microsoft power point adalah menggabungkan
semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound di
dalam persentasi power point sehingga dapat dibuat semenarik mungkin.
|
|
2.
|
CD Multimedia Interaktif
|
Sifat media ini selain interaktif juga bersifat
multimedia, terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi: sound,
animasi, video, teks, dan grafis.
|
|
3.
|
Video pembelajaran
|
Video ini bersifat interaktif-tutorial
membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga
dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan
dalam video. Penggunaan CD interaktif di SD cocok untuk mengajarkan
suatu proses. Misalnya cara penyerbukan pada tumbuhan, teknik okulasi, pembelahan
sel, dan lain-lain.
|
|
4.
|
Internet
|
Pemanfaatan internet sebagai media
pembelajaran mengkondisikan siswa untuk belajar secara mandiri. Para siswa
dapat mengakses secara online dari berbagai perpustakaan, museum,
database, dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah,
biografi, rekaman, laporan, data statistik.
|
Rujukan
:
Darmawan, Deni. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan
Komunikasi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.