Wednesday 18 May 2016

OLAHRAGA OTAK

OLAHRAGA OTAK

Olahraga otak atau dikenal dengan senam otak (brain gym) adalah serangkaian gerakan tubuh yang cukup sederhana tapi dapat merangsang dan melatih otak, ini merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kinerja otak kita. Namun sayang hanya sedikit sekali orang yang melakukannya.
Pada dasarnya otak terdiri dari dua belah yaitu otak kanan dan otak kiri, keduanya memiliki fungsi dan penanan masing-masing dalam kehidupan ini. Namun kebanyakan orang hanya mengkitalkan otak kiri saja dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Padahal ketajaman otak kananlah yang sering membuat orang sukses dan berhasil. Kedua fungsi otak tersebut dapat kita latih dan kita tingkatkan melalui serangkaian gerakan tubuh sederhana yang disebut dengan olahraga otak (senam otak).
Olahraga otak ini dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja tidak membutuhkan waktu dan ruang khusus untuk melakukannya, kita dapat melakukan disela-sela melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya di kantor, dirumah, ketika sedang santai atau sedang berkerja itu bisa kita lakukan. Perlu kita ketahui manfaat olahraga otak (senam otak) ini cukup besar diantaranya dapat menghilangkan setress, tidak mudah lupa,  membuat pikiran lebih jernih dan dapat meningkatkan performa baik otak kanan maupun otak kiri.
Awalnya senam otak ini hanya diperuntukkan dan dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan otak saja seperti kerusakan otak, susah fokus, dan stress atau depresi. Tapi seiring dengan perkembangan zaman dan telah banyak diteliti oleh para ahli ternyata manfaat olahraga otak ini bukan hanya untuk penderita gangguan otak, sekalipun cukup baik dilakukan kebanyakan orang normal.
Ternyata olahraga otak (senam otak) besar sekali manfaatnya, diantaranya :
a)        Membuat kinerja otak kanan dan otak kiri menjadi seimbang, bukan hanya cenderung otak kiri saja.
b)        Dapat membuat kita lebih fokus.
c)        Tidak mudah lupa.
d)        Menghilangkan stress.
e)        Mengatasi depresi.
Sebenarnya olahraga otak atau senam otak ini sudah banyak diketahui oleh banyak orang tapi mereka kurang care akan hal tersebut. Mereka cenderung hanya melakukan olahraga tubuh dengan tujuan agar badan dan tubuh saja yang sehat kurang memperhatikan kondisi otak. Padalah kondisi otak akan sangat berpengaruh terhadap seluruh tubuh, dari sini hendaknya kita lakukan secara seimbang. Ada banyak jenis gerakan olahraga otak yang bisa dilakukan sehari-hari untuk meningkatkan kinerja otak kita dan tentunya akan menghilangkan stress dan gampang lupa.
Berikut ini beberapa olahraga otak yang bisa kita rutinkan setiap hari yang dikutip dari situs indosister :
1.              Dua tangan didepan dada
 Tempelkan ujung 5 jari kanan dengan ujung 5 jari kiri (kedua telapak tangan  dijauhkan/tidak menempel), mulailah dengan memutar kedepan bersamaan, jempol kanan dan jempol kiri seperti halnya gerakan mengayuh sepeda, setelah itu putar ke arah sebaliknya. Lanjutkan dengan putaran pada jari-jari lain secara berurutan, lakukan semakin cepat.

2.              Dua tangan di depan dada
Tangan kiri telapak membuka (jari-jari keatas), tangan kanan membentuk pistol (ibu jari keatas dan jari tunjuk menunjuk kearah telapak tangan kiri)
Lakukan gerakan jari tunjuk di sentuhkan ke telapak tangan kiri, lalu dilanjutkan dengan pergantian tangan kiri sebagai pistol dan tangan kanan sebagai target tembak, sentuhkan ujung telunjuk kiri tersebut ke telapak kanan, begitu seterusnya usahakan semakin cepat.

3.              Telapak tangan kanan diatas kepala, telapak tangan kiri menempel di perut
Gerakkan telapak kanan menepuk-tepuk rambut / naik turun, bersamaan dengan itu gerakkan telapak tangan kiri berputar-putar dengan tetap menempel pada perut. Setelah beberapa saat … rubahlah menjadi sebaliknya, telapak kiri yang menepuk-tepuk rambut dan telapak kanan yang berputar di perut. Pergantian tugas kedua tangan tersebut supaya berjalan dengan tepat dan usahakan semakin cepat gerakannya.

4.              Duduk dengan kedua tangan masing-masing di atas paha
Tangan kanan mengepal lalu gerakkan naik turun memukul-mukul pada paha kanan. Tangan kiri telapak menghadap bawah, gerakkan maju mundur diatas paha kiri.
Gerakan kedua tangan harus bersamaan, setelah berapa saat, sekarang rubah gerakan tersebut menjadi sebaliknya, dimana tangan kiri yang memukul2 dan tangan kanan yang maju mundur. Memang sulit saat pertama mencoba perpindahan gerakan sehingga menjadi amburadul, namun seiring beberapa kali latihan maka pergantian tugas kedua tangan tersebut akhirnya dapat berjalan dengan tepat dan semakin cepat.

Catatan :
Sebelum kita melakukan senam tersebut, dianjurkan agar minum air putih. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal lakukan olahraga otak (senam otak) tersebut secara rutin.

EMPAT JENIS PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter dalam satuan pendidikan meliputi pembelajaran di kelas, kegiatan sehari-hari di sekolah (kultur sekolah), dan kegiatan...