PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
Dalam memahami psikologi perkembangan, dikenal 2 istilah, yaitu: pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan secara kuantitatif pada aspek-aspek fisik maupun psikis, mengarah pada kondisi yang lebih matang. Perkembangan adalah proses perubahan secara kualitatif pada aspek-aspek fisik maupun psikis, mengarah pada kondisi yang lebih matang.
Dalam memahami psikologi perkembangan, dikenal 2 istilah, yaitu: pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah suatu proses perubahan secara kuantitatif pada aspek-aspek fisik maupun psikis, mengarah pada kondisi yang lebih matang. Perkembangan adalah proses perubahan secara kualitatif pada aspek-aspek fisik maupun psikis, mengarah pada kondisi yang lebih matang.
Tujuan Psikologi Perkembangan :
• Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat
pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu.
• Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan
tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda.
• Mempelajari penyimpangan dari tingkah laku
yang dialami seseorang.
• Memahami garis besar, pola umum perkembangan,
dan pertumbuhan anak pada tiap-tiap pertumbuhannya.
• Memunculkan sikap senang bergaul dengan orang
lain terutama anak-anak, remaja dengan penuh perhatian kepada mereka baik dalam
lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
• Mengarahkan untuk berbuat dan berperilaku
yang selaras dengan tingkat perkembangan orang lain.
Teori-teori dalam Psikologi Perkembangan :
⇰
Teori
Psikodinamik
Teori ini berpendapat bahwa perkembangan jiwa
atau kepribadian seseorang ditentukan oleh komponen dasar yang bersifat
sosioefektif. Komponen tersebut ialah
motivasi, emosi dan aspek-aspek internal lainnya.
⇰
Teori
Psikoseksual
Teori ini berpendapat bahwa perkembangan
psikologis ditandai dengan adanya libido (energi seksual) yang dipusatkan pada
daerah-daerah tubuh tertentu yang berbeda-beda.
⇰
Teori
Psikososial
Teori ini berpendapat kepribadian terbentuk
ketika seseorang melewati tahap psikososial sepanjang hidupnya. Masing-masing
tahap memiliki tugas perkembangan yang khas dan mengharuskan individu
menghadapi dan menyelesaikan krisis.
⇰
Teori Kognitif
Teori ini didasarkan pada asumsi bahwa
kemampuan kognitif merupakan sesuatu yang fundamental dan yang membimbing
tingkah laku anak.
⇰
Teori
Pemrosesan Informasi
Teori
ini lebih menekankan pada pentingnya
proses kognitif seperti persepsi, seleksi perhatian, memori dan strategi
kognitif.
⇰
Teori Kontekstual
Teori ini memandang perkembangan sebagai
proses yang terbentuk dari transaksi timbal balik antara anak dan konteks
perkembangan dimana interaksi itu terjadi.
⇰
Teori Ekologis
Teori ini menekankan pada perkembangan
individu pada sistem lingkungannya.
⇰
Teori
Rekapitulasi
Perkembangan jiwa anak merupakan hasil
ulangan dari perkembangan seluruh jenis manusia.
⇰
Teori Empirisme
Teori ini berpendapat bahwa pada dasarnya
anak lahir ke dunia, perkembangannya ditentukan oleh adanya pengaruh dari luar,
termasuk pendidikan dan pengajaran.
⇰
Teori Nativisme
Teori ini mengemukakan anak lahir telah
dilengkapi bakat alami (kodrat)
Hukum Perkembangan :
⎙
Hukum
Konvergensi
Mengatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan
yang dialami anak pengaruh dari unsur lingkungan dan pembawaan.
⎙
Hukum Tempo Perkembangan
Hukum ini mengatakan bahwa tiap-tiap anak
mempunyai sendiri tempo dalam perkembangannya.
⎙
Hukum Masa
Peka
Masa peka merupakan masa pertumbuhan ketika
suatu fungsi jiwa mudah sekali dipengaruhi dan dikembangkan.
⎙
Hukum Rekapitulasi
Hukum ini mengatakan bahwa perkembangan jiwa
anak mengalami ulangan ringkas dari sejarah kehidupan umat manusia. Tokoh yang
menamakan teori ini adalah Stanley Hall.
⎙
Hukum
Bertahan dan Mengembangkan Diri
Dalam kehidupan timbul dorongan dan hasrat
mempertahankan diri, dorongan yang pertama adalah dorongan mempertahankan diri,
kemudian disusul dengan dorongan mengembangkan diri.
⎙
Hukum Ritme Perkembangan
Hukum ritme perkembangan mengemukakan pola
perkembangan yang dialami seorang anak. Perkembangan berlangsung sesuai dengan
iramanya (ritme). Hukum irama berlangsung dengan gelombang-gelombang besar dak
kecil yang silih berganti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar