Selasa, 05 April 2016

BIOGRAFI

BIOGRAFI

A.           Biografi
Biografi adalah riwayat hidup atau catatan harian yang dapat merupakan salah satu teknik untuk mengumpulkan data tentang murid yang ditulis oleh dirinya sendiri.
Biografi merupakan tulisan mengenai seluk beluk kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi berisi gambaran tentang kejadian-kejadian penting yang dialami oleh seseorang dalam hidupnya yang mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi orang tersebut.
Biografi merupakan catatan pribadi seseorang yang ditulis oleh orang lain (misalnya guru, orang tua, saudaranya, temannya) yang dapat berupa:
1)             Perjalanan hidup anak
2)             Perkembangan anak
3)             Cita-cita dan harapan anak
4)             Pengalaman mengesankan yang dialami anak.
Pada umumnya jarang sekali biografi yang ditulis orang tua, guru, saudara, dan teman tentang konseli sebagaimana contoh di atas, kecuali atas permintaan, itupun dapat terwujud dengan rapport yang intensif antara konselor dengan penulis biografi.
Biografi dibuat dengan harus ada kepastian bahwa membuat biografi akan berguna untuk membantu siswa dalam mengatasi permasalahannya atau kesulitannya. Siswa tidak boleh dipaksa untuk membuat riwayat hidup. Konselor sebaiknya memberikan beberapa petunjuk mengenai cara menulis riwayat hidup atau karangan antara lain urutan kronologis/urutan pembuatan dan hal yang perlu diperhatikan. Dalam mengadakan interpretasi mengenai karangan yang sudah diserahkan, konselor harus mengingat batas-batas atau kelemahan dari suatu riwayat hidup.
Dalam bimbingan dan konseling biografi dapat dipergunakan untuk :
a)             Memperoleh gambaran mengenai kejadian-kejadian penting dalam kehidupan individu
b)             Mengetahui reaksi-reaksi pribadi atau sikap pribadi terhadap kejadian-kejadian penting yang dihadapi individu dalam kehidupannya.
c)             Memperoleh data mengenai individu/pribadi murid dan lingkungan hidupnya.
Cara pelaksanaan biografi adalah sebagai berikut:
a)             Cari tokoh yang akan menjadi panutan kita.
b)             Cari gambaran tentang kejadian-kejadian penting yang dialami oleh seseorang tersebut dalam hidupnya yang mempengaruhi perkembangan dan pembentukan pribadi orang tersebut.

B.            Kelebihan dan kekurangan biografi
Kelebihan biografi adalah:
1)             Merupakan tehnik proyeksi yang banyak mengungkap tentang kehidupan batin klien.
2)             Bagi konselor yang mendapat latihan khusus, akan mudah mendapatkan gambaran jiwa klien secara keseluruhan.
3)             Melalui tehnik ini akan diperoleh pengertian tentang filsafat hidup seseorang, pandangan-pandangannya, cita-citanya, dsb.
4)             Gambaran mengenai aspek-aspek yang penting dalam hidup klien sangat berguna bagi konselor atau guru.
5)             Riwayat hidup juga berguna bagi klien sendiri yaitu dalam melukiskan perasaannya, tingkah lakunya sehingga ia lebih mengenal dirinya.
6)             kadang-kadang dengan menulis riwayat dapat merupakan alat untuk melegakan perasaan ( katarsis).
Adapun kekurangan biografi adalah:
1)             Harus diinterpretasikan dalam hubungannya dengan data yang berasal dari sumber lain.
2)             Penulisan riwayat hidup sangat tergantung pada kemampuan dan kecakapan individu dalam menulisnya.
3)             Dibutuhkan kemampuan dan latihan serta pengalaman yang cukup matang bagi seorang konselor untuk menegrti atau memahami persoalan yang ada dibalik kalimat yang dituliskan.
4)             Riwayat hidup bersifat subyektif.

C.           Garis besar penulisan biografi
Garis besar isi (pedoman) penulisan riwayat hidup:
1.             Keterangan tentang diri:
a)             Nama lengkap, nama panggilan
b)             Tempat, tanggal lahir.
c)             Alamat asal.
d)            Tempat tinggal sekarang.
2.             Saya dan keluarga:
a)             Anda anak keberapa.
b)             Apakah anda hidup dengan keluarga ? Jika tidak, mengapa?
c)             Nama, umur dan pekerjaan orang tua.
d)            Nama, umur dan pekerjaan saudara-saudara anda.
e)             Kebiasaan, bakat, minat dari keluarga anda.
f)              Bahasa yang biasa dipergunakan.
g)             Terangkan hal-hal yang masih diingat sebelum masuk Sekolah Dasar seperti minat, teman bermain, kepandaian-kepandaian dan pengalaman yang luar biasa.
3.             Riwayat kesehatan:
a)             Tinggi dan berat badan.
b)             Penglihatan dan pendengaran.
c)             Penyakit yang paling berat yang anda derita dalam hidup, dimana, kapan, mengapa dan berobat kepada siapa.
d)            Pernahkan anda ditimpa kecelakaan, jenis apa, kapan, dan apa akibatnya.
4.             Riwayat Pendidikan:
a)             Tuliskan sekolah yang pernah anda masuki, namanya, dimana, kapan masuk dan keluarnya.
b)             Pernahkan anda tinggal kelas, di kelas berapa, di sekolah apa dan mengapa.
c)             Sebutkan mata pelajaran yang anda sukai dan yang kurang anda sukai pada masing-masing sekolah yang anda masuki.
d)            Sebutkan kegiatan ekstra kurikuler yang anda sukai pada masing-masing sekolah.
e)             Sebutkan dan jelaskan pengalaman yang paling berkesan bagi anda di setiap sekolah.
f)              Apakah rencana anda setelah tamat dari sekolah.
5.             Rekreasi dan pengisian waktu luang.
a)             Apakah hobi anda ?
b)             Apakah anda seorang kolektor ? Jika ya, jelaskan kegiatan anda yang berhubungan dengan hal itu.
c)             Apakah anda berpartisipasi dalam kegiatan olah raga atau organisasi ?
d)            Sebutkan dan jelaskan bacaan dan film yang anda senangi.
6.             Pribadi saya:
a)             Ciri jasmani anda.
b)             Apakah anda mudah bergaul dengan orang lain.
c)             Apakah anda lebih suka sendirian atau bersama orang lain.
d)            Apakah anda terkenal diantara teman anda?
e)             Apakah anda merasa bahagia dari sebagian waktu yang anda miliki.
f)              Apakah filsafat hidup anda?
g)             Apakah anda mempunyai bakat khusus, bagaimana rencana anda untuk mengembangkannya?
7.             Pekerjaan:
a)             Terangkan alasan anda memilih pekerjaan sebagai mahasiswa atau pelajar di jurusan yang anda masuki sekarang?
b)             Apakah anda yakin telah memilih pilihan yang tepat?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EMPAT JENIS PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karakter dalam satuan pendidikan meliputi pembelajaran di kelas, kegiatan sehari-hari di sekolah (kultur sekolah), dan kegiatan...